Neraca Transaksi Berjalan di Bawah 3%, Tren Ekspor Impor Sehat

Senin, 12 September 2016 - 14:24 WIB
Neraca Transaksi Berjalan di Bawah 3%, Tren Ekspor Impor Sehat
Neraca Transaksi Berjalan di Bawah 3%, Tren Ekspor Impor Sehat
A A A
JAKARTA - Kendati neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus yang tidak terlalu besar hingga kuartal II 2016, namun Bank Indonesia (BI) melihat ini menunjukkan tren yang sehat. Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara mengatakan, neraca transaksi berjalan atau ekspor impor barang dan jasa, saat ini angkanya masih di kisaran 2% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

BI terus menjaga agar neraca transaksi berjalan tetap pada koridornya dan tidak tertekan oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia dan global yang belum begitu membaik.

"Masih berada di bawah tiga persenan untuk neraca perdagangan, namun BI melihat ekspor impor barang dan jasa alias transaksi berjalan ini suatu angka yang relatif sehat. Kita sudah di kuartal pertama dan kedua, angkanya sekitar dua persen dari PDB. Jadi tidak mengkhawatirkan," kata Mirza di Gedung Bank Indonesia, Senin (12/9/2016).

Selain itu, BI melihat imbas dari inflasi juga sangat baik, dimana sekarang angkanya sudah di bawah 3% (year on year).

"Ini yang menjadi latar BI kemarin melonggarkan kebijakan moneter karena memang angka-angka makro pada situasi ini relatif sehat," kata Mirza.

Tak hanya itu, terkait anggaran, Pemerintah sudah melakukan aksi untuk penyehatan anggaran dengan mencegah defisit anggaran tidak melonjak dan melakukan penyehatan anggaran.

"Itu suatu tindakan yang positif sehingga stabiliats terjaga. Yang penting kalau stabiliats kurs dan ekonomi terjaga maka sektor usaha bisa lakukan perbaikan dan nantinya bisa rekrutmen tenaga kerja," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9821 seconds (0.1#10.140)