Damri Tingkatkan Standar Pelayanan di Terminal 3 Bandara Soetta

Selasa, 06 Desember 2016 - 15:11 WIB
Damri Tingkatkan Standar Pelayanan di Terminal 3 Bandara Soetta
Damri Tingkatkan Standar Pelayanan di Terminal 3 Bandara Soetta
A A A
JAKARTA - Perusahaan umum (Perum) Damri bersama empat PO (Perusahaan Otobus) Swasta meneken penandatanganan Service Level Agreement/Service Level Guarantee (SLA/SLG). Hal ini merupakan salah upaya untuk meningkatkan pelayanan moda transportasi darat yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT Angkasa Pura II (AP II) Ituk Heriarindri mengatakan, ada dua materi utama yang tercantum dan wajib dipenuhi dalam SLA/SLG ini yakni Quality dan Service Delivery. "Service Quality mencakup beberapa variabel pelayanan seperti keramahan petugas, keamanan dan keselamatan serta kenyamanan," kata Ituk dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (6/12/2016)

Sementara untuk Service Delivery sambung dia yakni ketersediaan armada dan ketepatan waktu, dimana tujuannya adalah untuk memberikan standarisasi pelayananan kepada pengguna jasa moda transportasi di bandara. Dia menambahkan pihaknya ingin semua moda transportasi yang beroperasi di Bandara Soekaro-Hatta, apa pun perusahaannya, memiliki standarisasi layanan mulai dari kondisi fisik kendaraan, fasilitas hingga pelayanan petugas di dalam bus.

Dia meminta agar seluruh pengelola pemadu moda transportasi darat terus berkomitmen terhadap SLA/SLG yang telah ditandatangani sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap pengguna jasa. “Kami tidak akan main-main. Kami akan evaluasi penerapan SLA/SLG ini secara periodik. Jika memang terbukti tidak dapat memenuhi standar yang telah disepakati, tentu akan ada konsekuensi,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Perum Damri juga meluncurkan 30 unit bus baru tipe New SHD Grand Tourismo yang merupakan tahap pertama untuk peremajaan bus. "Tahun ini kami menyiapkan 30 unit bus baru yang merupakan tahap pertama untuk peremajaan bus yang sebelumnya. Sampai akhir tahun 2017 nanti akan dilakukan peremajaan sebanyak 100 unit bus di Bandara Soekarno Hatta ini," kata Direktur Keselamatan dan Pelayanan Perum Damri, Gede Pasek Swardika.

Bus tersebut dilengkapi berbagai fasilitas seperti wifi, TV, Audio-Video dan GPS. Selain itu untuk mendukung Program Bus Berkeselamatan, didalamnya juga dilengkapi fasilitas pemadam kebakaran, palu pemecah kaca, perlengkapan P3K dan perlengkapan penunjangan keselamatan lainnya.

“Hal ini sesuai dengan acuan bahwa Perum Damri menyiapkan ini semua sebagai salah satu langkah nyata mewujudkan tekad Damri Baru yaitu 'Berubah dengan Kualitas'," papar Gede.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7840 seconds (0.1#10.140)