Santika Peduli tanam 800 pohon di Majaksingi

Minggu, 28 April 2013 - 12:59 WIB
Santika Peduli tanam 800 pohon di Majaksingi
Santika Peduli tanam 800 pohon di Majaksingi
A A A
Sindonews.com - Masih dalam memperingati “Hari Bumi” yang jatuh pada tanggal 22 April yang lalu, setelah sebelumnya sukses dengan “Santika Eggnation” yang menghiasi area hotel selama hampir 1 bulan lamanya, kali ini Hotel Santika Premiere Jogja melalui tim CSR (Corporate Social Responsibility) “Santika Peduli” berkunjung ke Dusun Kerug Munggang, Kelurahan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada tanggal 27 April 2013.

Tujuannya adalah untuk turut berpartisipasi dalam salah satu program yang telah diagendakan pemerintah yaitu penghijauan lingkungan dalam rangka “Penanaman Satu Milyar Pohon” (One Billion Indonesian Trees).

Alasan dipilihnya Dusun Kerug Munggang ini karena daerah ini merupakan daerah perbukitan, dimana terdapat beberapa sisi bukit yang terlihat gundul dan memerlukan bantuan bibit tanam baru untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan mengembalikan kembali pepohanan yang mulai tandus.

Dalam kegiatan ini, Santika Premiere mendapatkan dukungan penuh dari Balai Pengelolaan Daerah aliran sungai Serayu Opak Progo, mulai dari pendampingan dalam penentuan jenis bibit yang cocok untuk daerah tersebut beserta cara mendapatkannya.

Akhirnya 800 bibit tanam berhasil dialokasikan untuk Dusun Kerug Munggang, dalam bentuk 400 batang dari bibit Sengon, 300 batang dari bibit Jati dan 100 batang dari bibit Turi.

Dalam program Santika Peduli kali ini, 30 karyawan perwakilan dari Hotel Santika Premiere bersama dengan sekitar 20 warga Dusun Kerug Munggang, beserta Kepala Lurah, Bambang, turun langsung menanam bibit pohon disekitar perbukitan Menoreh yang terlihat mulai tandus.
Terdapat beberapa spot tanam yang harus melalui jalan yang berliku dan sempit melewati sungai-sungai kecil, namun kebersamaan dan pemandangan alam yang sangat indah menguatkan semangat warga dusun dan tim “Santika Peduli”.

Sambutan dari warga dusun Kerug Munggang sangatlah luar biasa, bahkan para ibu–ibu meyediakan sarapan dan makan siang khas warga dusun, seperti singkong rebus, cotot & slondok (aneka olahan dari singkong), nasi pecel ndeso dan baceman dengan rasa yang khas dan lezat.

General Manager in-Charge, Sarmad yang terjun langsung dalam kegiatan ini mengatakan, sangatlah penting kesadaran warga akan untuk melestarikan sumber daya alam, jika ingin keseimbangan tetap terjaga, masyarakat pun harus sadar untuk turut serta, sesedikit apapun jumlah yang dapat diberikan, dengan kesadaran dan konsistensi tentunya akan menghijaukan bumi pertiwi dan memberikan warisan baik bagi anak cucu kita.

Selain program penanaman pohon, Santika Premiere juga meluncurkan alat pembuat pupuk kompos yang terbuar dari bahan–bahan yang mudah didapatkan, tujuannya adalah untuk memanfaatkan sampah bekas dari dapur Hotel untuk proses decomposer, kemudian digunakan menjadi pupuk bagi tanaman–tanaman di area Hotel.

Semua ini untuk mendukung kampanye cinta lingkungan yang dimulai dari sekitar kita, karena satu orang yang peduli adalah langkah awal untuk membangun kembali habitat dan keseimbangan ekosistem alam untuk menghentikan Global Warming. Plant a Tree, Save The Earth.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4717 seconds (0.1#10.140)