Pengamat: APEC belum menguntungkan bagi Indonesia

Senin, 14 Oktober 2013 - 16:27 WIB
Pengamat: APEC belum menguntungkan bagi Indonesia
Pengamat: APEC belum menguntungkan bagi Indonesia
A A A
Sindonews.com - Keikutsertaan Indonesia dalam forum ekonomi seperti KTT APEC diyakini masih akan membuat kerugian bagi Indonesia. Meskipun potensi untuk meraup keuntungan sangat besar.

Pasalnya, pemerintah tidak melakukan persiapan memadai untuk menghadapi liberalisasi yang akan dilakukan antar negara-negara Asia Pasifik tersebut.

"Niatnya untung, tanpa persiapan kita akan buntung," ujar Direktur INDEF, Enny Sri Hartati kepada Sindonews, Senin (14/10/2013).

Walaupun berdampak positif bagi pergaulan dan networking internasional, namun Enny menyebut dengan pengurangan hambatan dan liberalisasi yang akan dilakukan APEC maka negara-negara yang belum siap secara daya saing seperti Indonesia akan merasakan dampaknya.

"Buat negara yang siap, APEC ini akan membuat mereka semakin kencang. Namun bagi Indonesia penetrasi impor akan semakin berdampak kepada current account deficit," papar Enny.

Dia juga menegaskan agar pemerintah tetap konsisten dengan kebijakan-kebijakan yang telah dijalankan seperti membangun smelter pada 2014 dan stimulus paket kebijakan.

"Konsistensi pemerintah akan menjadi guidance kita dalam menghadapi liberalisasi APEC ini," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4148 seconds (0.1#10.140)