Pajak rokok Sulsel akan sumbang Rp300 M

Selasa, 12 November 2013 - 10:33 WIB
Pajak rokok Sulsel akan sumbang Rp300 M
Pajak rokok Sulsel akan sumbang Rp300 M
A A A
Sindonews.com - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel menargetkan pendapatan pajak rokok untuk 2014 mencapai Rp300 miliar.

Kadispenda Sulsel Andi Tau Toto mengatakan, pajak daerah memegang peran yang dominan dalam struktur APBD Provinsi Sulsel. Kontribusi pajak daerah terhadap PAD rata-rata per tahun mencapai 87 persen, sedang kontribusi pajak daerah terhadap total APBD sekitar 53 persen.

"Dengan ditetapkannya Perda tentang Pajak Rokok, tentu kontribusi pajak daerah semakin meningkat yang diperkirakan menambah pendapatan Pemrov Sulsel sekitar Rp260 sampai Rp300 miliar pada 2014 mendatang," ungkapnya saat pembukaan Sosialisasi Perda Pajak Rokok Sulsel di hotel Aston, Selasa (12/11/2013).

Meski demikian, Pemrov Sulsel hanya dapat menggunakan hasil penerimaan pajak rokok tersebut sebesar 30 persen, karena 70 persen merupakan bagi bagi hasil untuk Pemerintah Kabupaten/Kota yang akan dialokasikan dengan pola pembagian 60 persen berdasarkan jumlah penduduk dan 40 persen secara prorata.

Karena tingginya porsi bagi hasil pajak rokok, lanjut Andi Tau Toto, dia yakin jika penerimaan ini merupakan instrument fiskal yang sangat efektif untuk meningkatkan efektivitas peran Pemrov dalam menciptakan keadilan, persatuan, pemerataan sumber daya dan meminimalkan fiscal gap atar kabupaten/kota.

Dia juga menambahkan, untuk mengoptimalkan pajak rokok. Pihaknya akan lakukan pendataan objek dan subjek pajak rokok, melakukan penertiban penggunaan cukai, pemberantasan pemakaian label cukai ilegal dan melakukan penagihan pajak yang kurang bayar bekerjasama dengan instansi terkait.

"Pemerintah kabupaten/kota diharapkan memberikan dukungan yang maksimal untuk kelancaran pemungutan yang akan berdampak pada besarnya penerimaan dana bagi hasil pajak rokok yang diterima masing-masing kabupaten/kota," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4843 seconds (0.1#10.140)