Permintaan tinggi picu pertumbuhan industri keuangan

Kamis, 30 Januari 2014 - 13:08 WIB
Permintaan tinggi picu pertumbuhan industri keuangan
Permintaan tinggi picu pertumbuhan industri keuangan
A A A
Sindonews.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melihat besarnya permintaan masyarakat atas jasa keuangan seiring dengan terus meningkatnya jumlah kelompok masyarakat kelas ekonomi menengah telah mendorong industri keuangan Tanah Air tumbuh pesat.

"Industri keuangan ini berkembang, demand tinggi karena adanya kelompok menengah yang terus tumbuh. Ini akan menjadi pemicu industri keuangan meningkat," terang Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Dengan bertumbuhnya kelompok menengah, dia mengatakan, akan membuat industri keuangan terus meningkatkan inovasinya dalam memnyediakan produk-produk jasa keuangan yang lebih variatif.

"Didukung pendapatan per kapita yang tumbuh 5 persen hingga 6 persen dalam 10 tahun terakhir, termasuk masyarakat yang di bawah untuk penggiat industri keuangan, sehingga dapat membuka akses keuangan untuk masyarakat bawah," tutur dia.

Namun demikian, Muliaman menilai, pelaku industri di sektor keuangan tetap mempunyai tugas besar yang juga harus ditingkatkan. Pekerjaan besar tersebut adalah meningkatkan jangkauan pelayanan jasa keuangan, sehingga dapat dinikmati oleh kelompok masyarakat lain yang kelas ekonominya lebih rendah.

"Industri keuangan harus mampu masuk ke semua lini karena ini jangka panjang," pungkas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1253 seconds (0.1#10.140)