Menakertrans resmikan kios bursa kerja online

Jum'at, 07 Maret 2014 - 21:04 WIB
Menakertrans resmikan kios bursa kerja online
Menakertrans resmikan kios bursa kerja online
A A A
Sindonews.com - Mengantisipasi tuntutan dan kompetensi tenaga kerja profesional, kini telah dibuka kios 3 in 1 di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pasuruan.

Kios yang telah diresmikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) ini merupakan bursa kerja online yang secara langsung mempertemukan pencari kerja dan penyedia kerja di dunia maya.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengungkapkan, ide dasar pendirian BLK dan kios 3 in 1 ini berawal dari realitas rendahnya kualitas angkatan kerja, sementara penyedia kerja (perusahaan) membutuhkan kualifikasi persyaratan yang tinggi.

Gedung BLK yang dibangun dalam tiga tahap sejak 2010 ini meliputi berbagai kejuruan, seperti otomotif, mekanik, tehnologi informatika, bordir dan tata niaga.

"Kami berkomitmen membentuk dan mempersiapkan calon tenaga kerja yang terampil dalam menghadapi tangtangan era globalisasi. BLK ini sebagai investasi bidang sumberdaya manusia yang tidak hanya untuk meningkatkan produktifitas tenaga kerja, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Irsyad Yusuf, Jumat (7/3/2014).

Menurut Bupati Irsyad Yusuf, kios 3 in 1 yang mendapatkan pendampingan dari GIZ Jerman ini merupakan pilot project integrasi antara bursa kerja khusus di SMK dan bursa kerja online di Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan.

Pengoperasian kios 3 in 1 ini memungkinan percepatan pengurangan pengangguran, karena mensinergikan data lulusa SMK, peserta didik BLK terhadap penempatan tenaga kerja di sektor formal dan informal.

Menakertrans Muhaimin Iskandar menyampaikan apresiasinya atas pembukaan BLK dan kios 3 in 1 di Kabupaten Pasuruan. Implementasi program pelatihan dan produktifitas sebagai upaya meningkatkan kompetensi SDM yang berorientasi pada pasar kerja nasional dan internasional dalam rangka menyambut ASEAN Economic Community 2015.

"BLK ini sebagai upaya untuk mempersiapkan anak-anak sebagai tenaga kerja yang kompeten dalam memenuhi tuntutan jaman. Karena pada tahun 2015 mendatang, lalu lintas tenaga kerja antar negara ASEAN sudah tidak bisa dihindari lagi," kata Muhaimin.

Peran aktif BLK, kata Cak Imin, panggilannya, untuk meningkatkan kompetensi, produktifitas dan daya saing tenaga kerja yang mengacu pada kebutuhan pasar kerja. Pelatihan kerja ini memiliki peran penting dan strategis dalam peningkatan kualitas SDM.

"Kios 3 in 1 merupakan bagian terintegrasi dalam sistem manajemen pelatihan, sertifikasi dan penempatan tenaga kerja dan pengusaha yang membutuhkan tenaga kerja. Aplikasi web kios 3 in 1 dapat diakses melalui jaringan internet dari manapun. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang terpadu," tandas Cak Imin.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4411 seconds (0.1#10.140)