Depok gandeng BRI bantu UMKM penangkaran

Minggu, 09 Maret 2014 - 15:16 WIB
Depok gandeng BRI bantu UMKM penangkaran
Depok gandeng BRI bantu UMKM penangkaran
A A A
Sindonews.com - Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail memfasilitasi warga Depok yang berwiraswasta dalam bidang penangkaran burung dan unggas dalam hal permodalan dengan menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Kita sudah bekerja sama dengan Bank BRI untuk mempermudah memberikan kredit bagi para penangkar untuk mengembangkan usahanya. Sementara pemkot membantu untuk penyuluhan sekaligus promosi," ujar Nur Mahmudi dalam sambutan di gelaran lomba burung kicau Walikota Depok Cup di Balai Kota Depok, Minggu (9/3/2014).

Nur Mahmudi mengatakan, gelaran ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan HUT Kota Depok bekerja sama dengan www.kicaumania.or.id (KM). Selain itu, juga untuk merangsang masyarakat dalam kegiatan konservasi hewan jenis burung demi menjaga kelestarian alam di Kota Depok dan diharapkan dapat dijadikan pilihan warga Depok dalam berwirausaha untuk menekan angka pengangguran.

"Kegiatan semacam ini selain bisa menjadi wisata hiburan bagi warga Depok, juga bisa memicu semangat masyarakat untuk menjadikan penangkaran burung sebagai pancaharian. Karena ternyata hal itu cukup prospektif," ujar Nur Mahmudi.

Karena itu, lanjut Nur Mahmudi, pemkot akan membantu memfasilitasi para penangkar burung dan unggas di wilayah depok dengan memberikan sertifikasi, penyuluhan dan membantu melancarkan akses perbankan.

Ketua 1 KM Ridho Pulungan menambahkan, gelaran lomba ini hanya sebagian dari kerja sama KM dengan pemerintah kota Depok. Setelah ini, akan diadakan workshop terkait konservasi dan penangkaran.

"Setelah ini selain diadakan lomba akan ada workshop terkait penangkaran dan konservasi yang mendatangkan dari member KM yang berpengalaman dalam bidang tersebut," ujar Ridho.

Ridho menambahkan, KM dengan senang hati akan turut serta dalam menjaga alam di kota Depok. Ke depan, kita akan menggandeng wilayah-wilayah lain dalam kegiatan serupa.

"Untuk sementara kita mulai dari yang terdekat dulu, nanti akan kita kembangkan ke kota-kota lainnya di Indonesia," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4958 seconds (0.1#10.140)