Selain hasilkan minyak, kemiri sunan serap CO2

Minggu, 30 Maret 2014 - 15:57 WIB
Selain hasilkan minyak, kemiri sunan serap CO2
Selain hasilkan minyak, kemiri sunan serap CO2
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo menyatakan bahwa pohon kemiri sunan selain dapat menghasilkan minyak juga daunnya sangat baik menyerap CO2 yang merupakan salah satu penyebab utama pemanasan global.

“Kita harapkan bisa peroleh pemanfaatan penanaman pohon kemiri sunan. Memang kita butuh bahan bakar alternatif. Selain itu, efek pemanasan global sudah meningkat, akibat asap kendaraan bermotor dan itu segera mencarikan pemecahannya salah satunya menanam pohon kemiri sunan,” tutur Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Boyolali, Sri Adiningsih akhir pekan kemarin.

Kemiri Sunan merupakan tanaman penghasil minyak nabati. Tanaman ini merupakan tanaman konservasi dengan daun lebat, perakaran dalam dan kuat (menahan erosi) dan daya adaptasi luas (100-800 m dpl, curah hujan 1000–2500 mm/th).

Tanaman ini sangat tepat untuk konservasi (termasuk konservasi lahan bekas tambang), lahan kritis, dan reforesting. Dengan daun lebat (mencapai puluhan ribu helai daun/pohon), kemiri sunan akan mampu mengikat karbondioksida dan menghasilkan oksigen dalam jumlah banyak.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0014 seconds (0.1#10.140)