Kadin minta pemerintah baru benahi transportsi dan logistik

Senin, 31 Maret 2014 - 14:25 WIB
Kadin minta pemerintah baru benahi transportsi dan logistik
Kadin minta pemerintah baru benahi transportsi dan logistik
A A A
Sindonews.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap pemerintahan yang baru harus berpihak pada kemajuan transportasi laut dan logistik.

"Transportasi itu urat nadi perekonomian Indonesia. Sementara saat ini calon legislatif dan calon presiden belum menunjukkan adanya keberpihakan terhadap pengembangan moda transportasi laut dan logistik nasional," kata Wakil Ketua Umum Kadin bidang Logistik, Carmelita Hartoto di Jakarta, Senin (31/3/2014).

Menurutnya, selama ini rakyat masih menanggung biaya transportasi dan logistik dalam negeri yang terlalu mahal, karena kurang terurus. "Saya tidak bisa bayangkan, harga jeruk dari China lebih murah dibanding jeruk dari Medan. Hanya karena inefisiensi logistik dan mahalnya biaya ke pelabuhan," ujarnya.

Saat ini, kata dia, daya saing Indonesia di sektor logistik berada pada rangking 59 dunia, jauh di bawah Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Dengan potensi demografi dan geografis yang dimiliki Indonesia, seharusnya ranking Indonesia bisa diperbaiki menjadi 15 dunia.

Karenanya, saat ini sektor transportasi laut dan logistik membutuhkan legislator dan capres yang memiliki keberpihakan kepada kedua sektor tersebut. "Supaya, ke depan masyarakat dapat menikmati biaya transportasi dan logistik yang murah dan aman," pungkas Carmelita.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9399 seconds (0.1#10.140)