Ekonomi stabil, BI Rate tak perlu naik

Selasa, 08 April 2014 - 17:38 WIB
Ekonomi stabil, BI Rate tak perlu naik
Ekonomi stabil, BI Rate tak perlu naik
A A A
Sindonews.com - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) menghasilkan pandangan bahwa tingkat suku bunga acuan yang ditetapkan sejak 6 bulan lalu masih sesuai dengan fundamental Indonesia.

Hal tersebut digunakan BI sebagai alasan paling mendasar untuk memutuskan untuk mengapa suku bunga acuan atau BI Rate tetap dipertahankan di level 7,5 persen dengan suku bunga lending facility dan suku bunga deposit facility masing-masing tetap pada level 7,50 persen dan 5,75 persen.

"Kebijakan tersebut tetap konsisten dengan upaya mengarah inflasi menuju ke sasaran 4,5 plus minus 1 persen di 2014 dan 4 plus minus 1 persen di 2015 serta menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat," papar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara di Gedung BI, Jakarta, Selasa (8/4/2014).

BI, lanjut Tirta, berpandangan bahwa perekonomian Indonesia saat ini dianggap bergerak ke arah yang sesuai dengan rencana pembangunan yang telah dicanangkan.

Hal ini terutama ditandai dengan tingkat inflasi yang menunjukkan tren penurunan dan diimbangi dengan surplusnya neraca perdagangan seperti yang telah diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya.

"Ke depan BI terus mencermati berbagai risiko baik dari global maupun domestik dan menempuh langkah-langkah antisipatif guna memastikan ekonomi tetap terjaga dan stabil," terang dia.

Sejalan dengan putusan tersebut, dikatakan dia, BI juga akan terus mempertahankan bauran bijakan moneter dan makroprudential serta meningkatkan koordinasi dengan pemerintah dalam pengendalian inflasi dan defisit neraca transaksi berjalan.

"Termasuk kebijakan untuk memperkuat struktur ekonomi dan pengelolaan utang luar negeri khususnya swasta," pungkas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5162 seconds (0.1#10.140)