Ngurah Rai Diklaim Bandara Termegah di Dunia

Rabu, 17 September 2014 - 10:43 WIB
Ngurah Rai Diklaim Bandara Termegah di Dunia
Ngurah Rai Diklaim Bandara Termegah di Dunia
A A A
BADUNG - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali digadang-gadang bakal menjadi bandara terindah dan termegah di Indonesia bahkan di dunia.

Bandara ini dilengkapi fasilitas berstandar internasional dengan suguhan pemandangan laut Bali. Konsep yang dirancang pun berbeda dari bandara lainn di Indonesia.

Direktur Utama PT Angksa Pura I (Persero) Tommy Soetomo mengatakan, dengan standar pelayanan dunia dan penataan sistem yang ada, menjadikan bandara ini memiliki kelebihan tersendiri.

"Anda bisa lihat sendiri, termimal kedatangan cukup luas mencapai 65 ribu meter persegi, penumpang sangat nyaman," katanya saat pembukaan terminal keberangkatan Bandar Udara Ngurah Rai, Rabu (17/9/2014).

Demikian juga, penataan zona belanja "last minjutes" dengan outlet bersih, tertata rapi termasuk produk-produk yang dipajang, banyak dari karya khas Bali.

Hal ini semakin menguatkan semangat Bali dan nuansa lokal, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Tommy mengatakan, dari sisi konsep juga berbeda dengan 13 bandara lainnya di bawah pengelolaan Angksa Pura seperti penumpang bisa melihat langsung lalu lintas pergerakan pesawat.

"Penumpang juga bisa melihat keindahan pantai dan matahari sunset. Mana ada bandara yang seperti ini," ujar dia.

Karena itu, pihaknya mengklaim jika konsep Bandara Ngurah Rai sebagai bandara terindah di Tanah Air bahkan di dunia.

Bandara yang penumpangnya bisa melihat langsung lepas pantai, kata dia, mungkin hanya terjadi di Pulau Malidives.

Tommy menjelaskan, dengan selesainya pembangunan terminal baru ini dan terminal internasional akan menampung maksimal pergerakan penumpang hingga 25 juta orang per tahun.

Saat ini, Bandara Bali baru menampung hingga 15 juta pergerakan penumpang sehingga masih jauh dari cukup dari kapasitas bandara.

Terminal domestik ini dilengkapi jumlah fasilitas 62 check in counter, 8 transit dan tranfser counter, 9 ticketing counter, 8 boarding gate yang dilengkapi 5 garbarata, 7 arrival gate, 5 unit conveyor belt dan penunjang lainnya.

(Baca: Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai Beroperasi Hari Ini)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7432 seconds (0.1#10.140)