Sikap The Fed Antar Dow dan S&P ke Rekor Baru

Jum'at, 19 September 2014 - 08:52 WIB
Sikap The Fed Antar Dow dan S&P ke Rekor Baru
Sikap The Fed Antar Dow dan S&P ke Rekor Baru
A A A
NEW YORK - Indeks saham di bursa Wall Street pada perdagangan Kamis waktu setempat berakhir reli setelah Federal Reserve (The Fed) menyatakan akan mempertahankan suku bunga rendah, sehingga mengantar indeks Dow dan S&P ke rekor tertinggi.

The Fed kemarin menyatakan akan mempertahankan suku bunga mendekati nol untuk waktu yang cukup. Sinyal ini mendukung kenaikan pasar saham AS, yang sebelumnya diperkirakan akan terkoreksi.

Sementara Bank Sentral AS memperkirakan baru akan menaikkan tingkat suku bunga pada tahun 2015 dan 2016. Hal ini mendorong kenaikan pada saham keuangan (SPSY) sebesar 1,1%. Saham keuangan menjadi pemimpin kenaikan di Wall Street. Saham Goldman Sachs (GS.N) naik 1,7% menjadi USD187,89, menjadi pendorong terbesar indeks Dow.

Pasar saham AS telah reli selama tiga sesi berturut-turut didukung sikap The Fed, yang meredakan kekhawatiran investor, sehingga mendorong permintaan untuk aset berisiko seperti saham.

Pendakian ke rekor tertinggi yang berulang didukung dengan terus membaiknya data ekonomi. Sementara dukungan The Fed membuat investor mengabaikan data ekonomi yang lemah, seperti laporan payrolls Agustus. Pada saat yang sama, suku bunga obligasi yang rendah telah mendorong investor beralih ke pasar saham.

Sementara izin bangunan dan kepemilikan rumah pertama terkoreksi pada Agustus, namun revisi atas data bulan sebelumnya mengindikasikan peningkatan bertahap di pasar perumahan.

Adapun penurunan tajam orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran pekan lalu mengindikasikan perlambatan pertumbuhan pekerjaan sebagai sebuah anomali.

"Berbagai hal mulai sedikit membaik bagi bank secara umum dan benar-benar membantu keuangan. Anda melihat pertumbuhan yang rendah, beberapa diantaranya mulai membaik dan akan mulai melihat semua hal akan berubah dalam perekonomian," kata Direktur Investasi di US Bank Wealth Management Patty Edwards seperti dilansir dari Reuters, Jumat (19/9/2014).

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 109,14 poin atau 0,64% ke 17.265,99; indeks S&P 500 bertambah 9,79 poin atau 0,49% ke 2.011,36; dan indeks Nasdaq Composite menguat 31,24 poin atau 0,68% ke 4.593,43.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4924 seconds (0.1#10.140)