Ini Negara yang Gunakan PIN untuk Kartu Kredit

Rabu, 01 Oktober 2014 - 20:01 WIB
Ini Negara yang Gunakan PIN untuk Kartu Kredit
Ini Negara yang Gunakan PIN untuk Kartu Kredit
A A A
JAKARTA - Ketua Asosiasi Kartu Kredit Indonesia Steve Marta mengatakan, ada beberapa negara yang sudah menerapkan sistem PIN untuk kartu kredit. Misalnya negara bagian Eropa, Australia, dan Kanada.

"Negara-negara itu sudah menerapkannya duluan. Tapi untuk masalah digit-nya saya enggak tahu. Malaysia juga sudah terapkan konsep itu, tapi baru konsep, dan kita duluan yang akan menerapkannya nanti 1 Januari 2015," ujar Steve di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Menurutnya, untuk saat ini perbankan juga sedang menyiapkan infrastruktur untuk PIN-nya sendiri. Jika semua sudah siap, maka dapat dipastikan Januari 2015 tidak ada masalah penggunaan kartu kredit menggunakan PIN enam digit.

"Pokoknya begini, kalau PIN bisanya diterapkan di domestik. Kalau mereka ke luar negeri, mereka bisa milih, mau pakai PIN atau tanda tangan. Kalau negaranya menggunakan PIN, ya sudah pakai PIN. Begitu juga kalau menggunakan tanda tangan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas menegaskan, meski ketentuannya demikian, kartu kredit dengan pengaman menggunakan tanda tangan masih bisa digunakan.

Namun, kartu kredit tersebut menggunakan autentifikasi memggunakan tanda tangan.

"Dengan penggunaaan PIN menjadi lebih aman. Karena kode rahasia itu murni milik pengguna," tambah dia.

Saat ini, beberapa bank sudah mulai mengirimkan PIN enam digit. Dan harus disimpan dengan baik oleh pengguna agar bisa digunakan pada 1 Januari 2015.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)