Kereta Jayabaya Jakarta-Malang Resmi Meluncur

Sabtu, 18 Oktober 2014 - 12:57 WIB
Kereta Jayabaya Jakarta-Malang Resmi Meluncur
Kereta Jayabaya Jakarta-Malang Resmi Meluncur
A A A
JAKARTA - Kereta Api Jayabaya jurusan Jakarta-Malang pulang-pergi (PP) resmi diluncurkan hari ini di Stasiun Kereta Api Pasar Senen. Peluncuran ini demi memenuhi keinginan masyarakat untuk penambahan kereta.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan mengatakan bahwa peluncuran KA Jayabaya merupakan peluncuran rangkaian pertama kereta api baru.

"Jadi, nanti ada 160-an kereta baru. Ini dimaksudkan untuk mengganti secara bertahap kereta-kerera jarak menengah dan jarak jauh. Penggantiannya dimulai dari tahun ini sampai tahun 2020," ujar Jonan saat peresmian KA Jayabaya di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, Sabtu (18/10/2014)

Jonan menuturkan, jika dilihat dari model kereta apinya, model baru dari kereta api ini terletak pada warna yang ditampilkan untuk rangkaian keretanya. Warna putih mendominasi bagian tubuh kereta, sedangkan untuk lokomotifnya warna putih-oranye mendominasi.

"Nanti secara bertahap akan sama semua body-nya dan kereta ini hanya dibagi dua kelas, yaitu ekonomi dan eksekutif. Yang membedakan adalah jumlah kursi dan bentuk kursi, body-nya semua sama," ungkap Jonan.

Dari kapasita penumpang, untuk kelas ekonomi, satu gerbong berjumlah 80 orang. Sedangkan untuk kelas eksekutif sekitar 40 penumpang.

"Sedangkan untuk penggantian keretanya sendiri, kereta ini secara bertahap tahun ini ada 5 rangkaian baru. Untuk kereta eksekutif akan mulai diganti tahun depan. Karena Umurnya ada yang sampai 45 tahun. Sampai 7 tahun ke depan akan diganti karena sudah banyak yang tua," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4531 seconds (0.1#10.140)