Harga Pangan Sedikit Terpengaruh Kenaikan BBM

Selasa, 04 November 2014 - 20:40 WIB
Harga Pangan Sedikit Terpengaruh Kenaikan BBM
Harga Pangan Sedikit Terpengaruh Kenaikan BBM
A A A
JAKARTA - Seketeriat Jendral Kementerian Perdagangan (Kemendag) Gunaryo menilai, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan mempengaruhi harga komoditas pangan. Pasalnya, naiknya harga komoditas pangan dikarenakan adanya gangguan musim.

"Nah kalau untuk beras enggak pengaruh, kalaupun ada tapi enggak signifikan. Kenaikan itu sekarang yang ada kenaikan diakibatkan supplainya yang kurang karena musimnya enggak mendukung," ujar Gunaryo di Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Dia juga mengatakan, kenaikan harga BBM akan berdampak besar pada cost logistik namun untuk komoditas pangan tidak akan berpengaruh signifikan.

"Untuk ongkos pasti naik, ongkos angkut naik, kalau beras enggak pengaruh, ada sih sedikit tapi enggak signifikan," katanya.

Ia menambahkan, untuk kebutuhan ketiga yakni tersier tidak terpengaruh dengan kenaikan BBM, sebab saat ini sudah banyak perusahaan retail yang sudah memuhi kebutuhan tersier.

"Enggak signifikan, karena retail sudah ada karena sudah tersebar kesemuanya ke daerah konsumsi, jadi mudah mendapatkannya," tuturnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7296 seconds (0.1#10.140)