Ridwan Kamil Tenderkan Proyek KA Rp6 Triliun

Rabu, 12 November 2014 - 15:23 WIB
Ridwan Kamil Tenderkan Proyek KA Rp6 Triliun
Ridwan Kamil Tenderkan Proyek KA Rp6 Triliun
A A A
JAKARTA - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil hari ini mulai membuka tender untuk proyek kereta api (KA) koridor 1 dan koridor 2 di Bandung, Jawa Barat senilai Rp6 triliun.

Dia mengatakan, proyek ini akan menjadi proyek kemitraan antara pemerintah dan swasta.

Menurutnya, proyek ini tetap akan menggunakan skema public private partnership (PPP). Namun, dirinya juga akan melobi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pemerintah pusat turut andil dalam proyek tersebut.

"Sudah tetap pakai PPP, enggak apa tapi saya lobi Pak Jokowi juga. Jadi PPP jalan, ini jalan. Mana saja yang cepat, yang penting hadiah buat warga Bandung lebih cepat," ujarnya di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Menurutnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak cukup untuk membiayai proyek senilai Rp6 triliun ini. Karena itu, pihaknya mengharapkan agar 50% dapat menggunakan APBN.

"APBN, kalau dari APBD enggak cukup. Total Rp6 triliun. Mungkin kita minta setengahnya saja, Rp3 triliun. Mudah-mudahan Pak Jokowi memahami," jelasnya.

Ridwan mengatakan, proyek ini rencananya akan diselesaikan dalam waktu dua tahun atau rampung pada 2017.

"2017, dua tahun. Saya Ingin mengembalikan statistik untuk transportasi umum. Karena sekarang cuma 20% yang gunakan transportasi umum," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4854 seconds (0.1#10.140)