Buang Kursi Tegak, Kereta Ekonomi New Generation Punya Tarif Baru

Selasa, 26 September 2023 - 19:37 WIB
loading...
Buang Kursi Tegak, Kereta Ekonomi New Generation Punya Tarif Baru
Kereta Ekonomi New Generation yang baru saja diluncurkan mengalami banyak perubahan, di antaranya tidak lagi memakai kursi tegak. Terkait dengan adanya penambahan fasilitas, maka terdapat kenaikan tarif. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI baru saja meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasarsenen, Selasa (26/9/2023). Kereta ini dirangkaikan pada KA Jayabaya relasi Pasarsenen - Malang PP.



Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa mengungkapkan bahwa kereta ekonomi New Generation ini akan memberikan pengalaman yang lebih nyaman kepada pelanggan. Pasalnya pada kereta ini masyarakat tidak akan menggunakan kursi tegak lurus.

Buang Kursi Tegak, Kereta Ekonomi New Generation Punya Tarif Baru


Melainkan masyarakat dapat menikmati jenis kursi yang sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving).

"Jadi jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas. Dari kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan," katanya di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (26/9/2023).



Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.

Kereta Ekonomi New Generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan). Saat ini ada 12 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai sejak April 2023.

Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation, maka stamformasi KA Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi new generation (K3 NG) dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Adapun terkait tarif kereta ekonomi, Hadis mengatakan bahwa dengan adanya penambahan fasilitas, maka terdapat kenaikan tarif sebesar Rp30 ribu daripada tarif sebelumnya. "Kenaikan mungkin sekitar Rp30 ribu sebelum dimodifikasi untuk masing-masing subklas," katanya.

Berdasarkan penelusuran MNC Portal pada KAI Access, kini tarif KA Jayabaya Ekonomi dipatok harga mulai dari Rp320.000 - Rp400.000 untuk relasi Jakarta-Malang.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)