Pemerintah Menargetkan Swasembada Gula

Selasa, 02 Desember 2014 - 18:07 WIB
Pemerintah Menargetkan Swasembada Gula
Pemerintah Menargetkan Swasembada Gula
A A A
SURABAYA - Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan swasembada gula.

Untuk mencapai itu, Rini hari ini meninjau PG Gempolkrep, Mojokerto Jawa Timur milik PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) untuk mengetahui kondisi pabrik-pabrik di Jawa Timur (Jatim).

Saat ini, gula menjadi perhatian serius pemerintah, karena kualitas gula yang dimiliki pabrik-pabrik lokal tidak kalah dengan gula-gula impor yang didatangkan dari luar negeri.

"Swasembada gula harus diwujudkan. Gula menjadi satu dari beberapa komoditas pangan yang ditargetkan Presiden Joko Widodo untuk mencapai swasembada dalam 3-5 tahun mendatang. Komoditas pangan lainnya adalah beras, kedelai, jagung, dan daging," kata Rini, Selasa (2/12/2014).

Dia menekankan semua BUMN pergulaan harus menjadikan kesejahteraan petani sebagai perhatian utama. Saat ini, pemerintah akan terus mencari jalan supaya kesejahteraan petani tebu di dalam negeri bisa terangkat.

Petani akan bisa mendapatkan nilai tambah bukan hanya dari gula saja, tetapi dari berbagai produk turunan komoditas tebu.

Untuk itu, Rini mendorong BUMN pergulaan supaya menggiatkan diversifikasi bisnis. BUMN pergulaan didorong tidak hanya fokus pada produksi gula, tapi juga produk turunan tebu lainnya, seperti bioetanol, listrik berbasis ampas tebu, hingga pupuk.

Selama itu, petani hanya mendapatkan penghasilan dari bagi hasil gula dan penjualan tetes tebu saja. Namun dengan adanya pabrik yang terintegrasi dengan produksi-produk turunan tebu non-gula, maka petani juga akan bisa mendapatkan tambahan pendapatan.

"Selain bioetanol, ada listrik, pupuk cair dan masih banyak lagi. Semua harus dikembangkan," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5504 seconds (0.1#10.140)