Rakor di Makassar, Mentan Bahas Swasembada Pangan

Rabu, 17 Desember 2014 - 21:13 WIB
Rakor di Makassar, Mentan Bahas Swasembada Pangan
Rakor di Makassar, Mentan Bahas Swasembada Pangan
A A A
MAKASSAR - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman malam hari ini menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Rakor ini dalam rangka menyongsong swasembada pangan yang berkelanjutan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rakor ini dihadiri Amran Sulaiman, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arfin Nu'man dan Kepala Dinas Pertanian Lutfi Halide.

"Saya bernostalgia di sini, di Sulsel. Satu bulan ini saya lihat kunci masalah penunjang swasembada itu ada banyak sekali. Salah satu yang utama adalah masalah irigasi," ujarnya di Kantor Dinas Pertanian Sulawesi Selatan, Rabu (17/12/2014).

Amran menjelaskan, dia jalan-jalan ke seluruh Indonesia hanya untuk melihat irigasi pertanian. Karena. masalah irigasi adalah masalah sangat vital.

"20 tahun irigasi kita tidak diperbaiki. Didiamkan begitu saja. Bisa berpaling itu para petani," katanya.

Menurutnya, jika sampai petani meninggalkan dunia pertanian, maka habislah Indonesia untuk mencapai swasembada pangan yang selama ini digembar gemborkan Jokowi.

"500 ribu orang petani kita, meninggalkan pertanian karena masalah-masalah yang ada. Kalau ini berlanjut, mau makan apa kita buat kedepannya?" jelas Amran.

Dari pantauan Sindonews di Makassar, mentan Amran tiba di Makassar sekitar pukul 19.00 WITA. Kemudian dengan didahuli makan malam, rapat koordinasi swasembada pertanian digelar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0319 seconds (0.1#10.140)