Presiden Minta BI Rate Turun jika Inflasi Terkendali

Rabu, 25 Februari 2015 - 16:08 WIB
Presiden Minta BI Rate Turun jika Inflasi Terkendali
Presiden Minta BI Rate Turun jika Inflasi Terkendali
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) harus turun jika inflasi bisa terkendali. Saat ini BI Rate berada di angka 7,5% atau turun 25 basis poin dari 7,75%.

"Ya kan BI Rate sudah turun, nanti kalau kondisi inflasi bisa ditekan di bawah 5% atau di bawah 4%, ya tentu saja BI Rate akan mengikuti," ujarnya di Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Sebab itu, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, pemerintah dan BI memiliki tugas untuk terus menjaga agar inflasi tetap terkendali, bahkan bisa ditekan hingga dalam posisi yang rendah.

"Kita harus melihat pada Januari sudah deflasi. Nanti kalau berulang terus, Februari, Maret, itu bisa di bawah 4%, gampang menurunkan interest rate-nya," terang dia.

Jika BI Rate kembali turun, Jokowi juga menekankan agar suku bunga kredit perbankan bisa ikut turun. "Ya kan otomatis toh, kalau BI Rate turun mestinya interest rate bank juga turun," katanya.

Saat ini, perbankan masih banyak yang belum menurunkan suku bunga kredit lantaran beberapa faktor. Sebab, BI Rate tidak satu-satunya faktor yang menyebabkan bunga kredit perbankan bisa turun.

"Kan banyak faktor, misalnya cost of funds nya, di situ kalau ada biaya-biaya itu bisa turun mereka juga akan turun," tandas Jokowi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5255 seconds (0.1#10.140)