Agus Marto Klaim Tak Pernah Diintervensi Soal BI Rate

Jum'at, 06 Maret 2015 - 15:12 WIB
Agus Marto Klaim Tak Pernah Diintervensi Soal BI Rate
Agus Marto Klaim Tak Pernah Diintervensi Soal BI Rate
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menegaskan bahwa BI tidak merasa diintervensi pihak manapun berkaitan dengan policy rate yang diputuskan. Penurunan BI Rate diangka 7,5% tidak ada campur tangan dari pihak manapun.

Bahkan, Agus mengisyaratkan kepada awak media untuk tidak menekan pemberitaan soal intervensi yang dilakukan ke BI. "Saya mau titip sama kalian (media) bahwa Bank Indonesia dalam RDG, kita melihat dari data kita yang disesuaikan dengan policy rate kita," ujarnya di Kompleks perkantoran Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Jadi, penurunan tersebut karena policy, bukan karena intervensi pihak manapun. Agus juga mengingatkan bahwa tugas BI adalah melakukan stabilitas nilai rupiah.

"Kamu kan sudah kenal lama saya di sini, kamu kan tahu, lembaga kita (BI) secara Undang-Undang mandatnya untuk lakukan stabilitas nilai rupiah, tugas utama dan fungsi BI menjaga dan mencipta stabilitas rupiah," katanya.

Agus menceritakan, jika secara pribadi saat dia dulu di Kemenkeu terjadi perbedaan soal kebijakan stabilitas rupiah, kalau perlu dia akan membawa ke MK.

"Itu kalau ada perbedaan pendapat, karena saya ingin jalankan independensi. Kalau katanya diintervensi, tidak! Kalau kami lakukan kebijakan, sepenuhnya kebijakan atas dari kajian dan data, saya independen. Saya mau kalian beritahu ini adalah penting, kalu enggak akan susah," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9889 seconds (0.1#10.140)