Pemerintah Buka Kesempatan Swasta Bangun Transmisi Listrik

Senin, 30 Maret 2015 - 16:28 WIB
Pemerintah Buka Kesempatan Swasta Bangun Transmisi Listrik
Pemerintah Buka Kesempatan Swasta Bangun Transmisi Listrik
A A A
DEPOK - Pemerintah membuka kesempatan bagi investor swasta membangun transmisi kelistrikan guna mendukung percepatan pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, kebijakan itu diambil berkaca pada salah satu perusahaan asal China yang cukup mumpuni membangun transmisi listrik. Meski begitu, Sudirman tidak membeberkan perusahaan tersebut.

"Saya dengar ada perusahaan dari China yang berpengalaman membangun transmisi di dunia. sehingga fokus ke depan, PLN tetap membangun transmisi tetapi lebih pada distribusi dan pelayanan," kata Sudirman di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin (30/3/2015).

Menurutnya, saat ini kebijakan tersebut terus dikaji sebagai pertimbangan pemerintah. Di sisi lain, pemerintah juga telah menyediakan lahan untuk mendukung pembangunan jaringan transmisi listrik 35.000 MW mencapai 46.000 kilometer (km).

"Kami pertimbangkan dukungan swasta untuk membangun jaringan transmisi listrik," ujar dia.

Sementara Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Sosial Kemasyarakatan Kementerian ESDM Ronggo Kuncahyo mengatakan, semua proses izin dari proyek penambahan kapasitas listrik 35.000 MW rampung tahun ini. Pasalnya, tahap konstruksi megaproyek ini dijadwalkan dimulai 2016.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3902 seconds (0.1#10.140)