Kemenkeu Keluhkan Pengaplingan Anggaran

Rabu, 08 April 2015 - 12:16 WIB
Kemenkeu Keluhkan Pengaplingan Anggaran
Kemenkeu Keluhkan Pengaplingan Anggaran
A A A
JAKARTA - Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengatakan, siapapun yang memimpin Indonesia tidak akan punya space untuk membangun jika anggaran pemerintahan sudah dikapling-kaplingkan.

Pasalnya, pengaplingan masing-masing sektor membuat pemerintah tidak bisa memiliki fleksibilitas pengadaan belanja untuk pembangunan.

Pengaplingan tersebut, lanjut dia, bisa mencapai lebih dari 100%, sehingga sektor-sektor produktif yang lebih memerlukan anggaran menjadi terhambat.

"Ini yang kemudian kita harapkan tidak ada macam pengaplingan dan pengikatan di masing-masing sektor. Karena, kalau dikapling, kaplingnya bisa 100% lebih. Jadi kita tidak punya fleksibilitas buat pembangunan," ungkap dia di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Ketidakflesibilitasan ini bakal mengancam space pemerintah untuk menetapkan pembangunan, apakah tahun ini jalan, besok pertanian, atau maritim. "Sehingga pemerintah kesulitan untuk bermanuver dalam menggunakan anggaran karena space fiskal kita hanya bisa improvisasi 15%-20 %," tandas Askolani.

(Baca: Pengikatan Anggaran Timbulkan Penyempitan Ruang Fiskal)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5348 seconds (0.1#10.140)