Tiga Pelajaran dari Dinamika Perekonomian Tahun Lalu

Rabu, 29 April 2015 - 11:46 WIB
Tiga Pelajaran dari Dinamika Perekonomian Tahun Lalu
Tiga Pelajaran dari Dinamika Perekonomian Tahun Lalu
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D W Martowardojo mengatakan, terdapat tiga hal yang dapat dijadikan pelajaran dari dinamika perekonomian nasional tahun lalu.

Pertama, pentingnya menjaga konsistensi kebijakan makro ekonomi dari segi fiskal maupun moneter. Dengan demikian, perekonomian dapat konsisten pada tahun ini, sehingga menumbuhkan kepercayaan investor dan kebijakan yang kredibel.

"Selanjutnya, di tengah banyak tantangan ekonomi yang kompleks serta menghadapi berbagai kerentanan, termasuk tingginya defisit transaksi berjalan (CAD) dan inflasi," ujarnya dalam peluncuran buku Laporan Perekonomian Indonesia Tahun 2014 di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Jika beberapa pelajaran tersebut dapat dilakukan, Agus memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Tanah Air pada tahun ini dapat lebih tinggi dengan stabilitas makro yang terjaga.

"Ketiga adalah pentingnya ketepatan waktu dalam mengambil kebijakan. BI memandang baluran kebijakan sebaiknya dapat diimplementasikan secara tepat waktu,” pungkas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6206 seconds (0.1#10.140)