Menperin Buka Pameran Logam

Selasa, 23 Juni 2015 - 11:53 WIB
Menperin Buka Pameran Logam
Menperin Buka Pameran Logam
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin hari ini membuka Pameran Produk Industri Material Dasar Logam di kantor Kementerian Perindustrian. Pameran ini dalam rangka meningkatkan promosi dan penyebaran informasi kemampuan industri logam dalam negeri.

Pasalnya, dari 2013 sampai 2014 pertumbuhan industri logam mengalami penurunan cukup signifikan, yaitu dari 11,63% menjadi 5,89%. Hal ini diakibatkan beberapa faktor, salah satunya perlambatan pertumbuhan ekonomi.

"Penurunan ini ternyata dipengaruhi adanya perlambatan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat mengalami penurunan karena harga jual yang meningkat," kata Saleh dalam sambutan pembukaan pameran tersebut di Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Selain itu, tingginya penggunaaan barang impor Indonesia dikarenakan harga jual yang lebih rendah, mengakibatkan rendahnya kinerja dan utilitas industri nasional.

"Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, tanpa adanya upaya menyeluruh dan bersifat terpadu dari pihak terkait baik masyarakat, pemerintah dan pengusaha, makan industri nasional tidak akan mampu tumbuh dan bersaing dengan industri luar negeri," ujarnya.

Untuk menekan penggunaan jumlah produk impor dan mendorong tumbuhnya industri dalam negeri, diperlukan keberpihakan pemerintah terhadap produk hasil industri dalam negeri khususnya sektor industri material logam.

"Karenanya, pemerintah melalui program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) memberikan dukungan agar mampu menjadi pemicu penggunaan produk logam dalam negeri terutama terhadap proyek-proyek yang dibiayai APBN," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3721 seconds (0.1#10.140)