HT: Kinerja Tim Ekonomi Jokowi Belum Konkret

Kamis, 25 Juni 2015 - 19:13 WIB
HT: Kinerja Tim Ekonomi...
HT: Kinerja Tim Ekonomi Jokowi Belum Konkret
A A A
JAKARTA - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, bahwa kinerja tim ekonomi Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum ada yang menunjukkan hasil konkret. Menurutnya, tim ekonomi sekarang lebih banyak mengeluarkan wacana daripada tindakan nyata.

HT mengatakan, dalam realitanya wacana tersebut sangat jauh dari hasil eksekusi untuk memperbaiki ekonomi Indonesia. "Lebih banyak wacana tim ekonomi sekarang. Tapi dalam realitanya, eksekusinya lambat dan kurang mengena di sasaran. Itu fakta yang dihadapi," kata dia saat ditemui di Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Lebih lanjut HT mengatakan, tim ekonomi sekarang harus diarahkan oleh pemerintah untuk fokus ke masalah-masalah nyata yang ada di lapangan.

"Makannya saya katakan, misalnya kita lihat program ekonominya. Kalau menurut saya, saya akan fokus ke masyarakat marjinal. Petani, UMKM dan nelayan misalnya. Ada program khusus yang ditujukan ke mereka. Kemudian buruh juga kita perhatikan," jelasnya.

Selain itu, HT juga menyarankan agar pemerintah lebih fokus dari basis ekonomi konsumsi ke produksi agar kesenjangan masyarakat menjadi mengerucut.

"Kita perlu bergeser dari basis ekonomi konsumsi ke produksi. Supaya kesenjangan ini mengecil. Kalau masyarakat dunia usaha yang diperlukan adalah kepastian. Kepastian kebijakan, kepastian hukum, sehingga ada kepastian di dunia usahanya.

Meski demikian, melihat fakta-fakta ekonomi yang terjadi di lapangan dan jauh dari harapan, HT enggan menyebutkan bahwa tim ekonomi Presiden Jokowi sudah gagal. "Saya tidak nyebut gagal, tapi memang belum berhasil," tutupnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0733 seconds (0.1#10.140)