Lindungi Usaha Kecil, Indonesia Butuh Konsep Sederhana

Sabtu, 04 Juli 2015 - 21:14 WIB
Lindungi Usaha Kecil, Indonesia Butuh Konsep Sederhana
Lindungi Usaha Kecil, Indonesia Butuh Konsep Sederhana
A A A
JAKARTA - Untuk membangun Indonesia agar lebih maju, pemerintah harus mempunyai konsep sederhana. Salah satunya adalah dengan mulai membangun masyarakat kalangan menengah ke bawah atau usaha kecil.

CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengemukakan, pemerintah harus mencari solusi bagi kalangan menengah ke bawah. Apa saja permasalahan yang dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), seperti faktor dana, keterampilan, dan kebijakan.

"Konsep membangun Indonesia itu sederhana. Yang harus dibangun adalah masyarakat menengah bawah. Roda perekonomian harus didorong oleh banyak orang. Bukan hanya segelintir orang kaya," jelas HT.

Dia melenjutkan, perekonomian harus memiliki jalur distribusi agar dinikmati lebih luas. "Jadi, buat saja satu tim khusus yang mengurusi ini. Saya pernah sarankan pada pemerintah sebenarnya. Kalau kesejahteraan semakin luas maka besar kemungkinan akan menggerakkan perekonomian," paparnya.

HT menilai kelas menengah ke bawah saat ini belum siap menghadapi persaingan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Untuk itu, mereka perlu diproteksi, tumbuh dulu, siap dulu, yang kecil menjadi menengah, yang menengah jadi besar. Saat mereka siap, baru maju.

"Baik entrepreneur atau profesional, kita harus betul-betul punya visi dalam bekerja. Saya akan terus mengkritik pemerintah dengan batas-batasnya. Namun, masyarakat juga harus memperkuat diri dan mandiri dalam persaingan," terangnya.

Baca juga:

HT Ungkap Kontradiksi Ekonomi Indonesia

RI Jadi Pasar, HT Bingung Pemerintah Setujui MEA
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9100 seconds (0.1#10.140)