Garuda Metalindo Akan Bayar Utang Rp200 Miliar

Selasa, 07 Juli 2015 - 11:09 WIB
Garuda Metalindo Akan Bayar Utang Rp200 Miliar
Garuda Metalindo Akan Bayar Utang Rp200 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT) akan membayar utang jatuh tempo pada tahun ini sebesar Rp100 miliar hingga Rp200 miliar.

Direktur Utama Garuda Metalindo Hendra Widjaja mengungkapkan, dana untuk melunasi utang berasal dari penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

"Kita akan bayar kurang lebih antara Rp100 miliar sampai Rp200 miliar. Pinjaman sebagian dari bank, sebagian dari utang supplier," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Dia menjelaskan, perseroan tetap akan mencari pendanaan lain setelah menjadi perusahaan publik pada hari ini.

"Sumber dana kita bisa dapatkan setelah listing. Tentu tidak dalam waktu dekat, berupa bond dan sebagainya," jelas Hendra.

Adapun total dana segar dari IPO mencapai Rp258 miliar. Dana hasil IPO akan paling besar sekitar 52% digunakan untuk refinancing utang, 20% sebagai modal kerja, dan sisanya 28% untuk belanja modal (capital expenditure/capex).

Sementara capex pada tahun ini dialokasikan sebesar Rp50 miliar hingga Rp60 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan produktivitas dengan melakukan modernisasi peralatan.

Kondisi perekonomian yang sedang lesu dinilai untuk tepat melakukan investasi. Selanjutnya dalam jangka menengah, Garuda Metalindo akan mengembangkan produk baru sesuai permintaan pelanggan roda empat.

Hendra menambahkan, kapasitas produksi perseroan saat ini 2.000 ton/bulan. Dengan otomisasi peralatan yang lebih modern diharapkan dapat menekan biaya tenaga kerja yang tinggi.

"Kita tahu labour cost tinggi, dengan otomisasi bisa optimal 24 jam dan tenaga kerja lebih efisien," kata dia.

Selain itu, perseroan memiliki porsi ekspor sebesar 2,5%-3% pada tahun ini. Adapun pasar ekspor, yakni Brasil, Jerman, dan Asia.

"Asia seperti Vietnam dan Thailand. Target peningkatan ekspor sebesar 25% pada tiga sampai empat tahun ke depan," pungkasnya.

(Baca: Saham Perdana Garuda Metalindo Melesat 150 Poin)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3508 seconds (0.1#10.140)