Menkeu Puji Warga Belanda Bayar Dana Pensiun 20%

Selasa, 07 Juli 2015 - 22:27 WIB
Menkeu Puji Warga Belanda Bayar Dana Pensiun 20%
Menkeu Puji Warga Belanda Bayar Dana Pensiun 20%
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro memuji warga Belanda yang mau membayar dana pensiun sebesar 20% per orang. Menurutnya, angka itu sangat besar jika dibandingkan dengan kemampuan orang Indonesia.

"Waktu saya roadshow ke Eropa khususnya di Belanda, kami punya satu sesi khusus ketemu dengan asosiasi pengelola Dana pensiun (Dapen) Belanda. Ternyata kelolaan dapen di sana sangat besar. Angkanya saya lupa. Perorang itu 20% kontribusinya, jadi 10% dari dia sendiri, 10% dari pemberi kerja," ujar Bambang di Jakarta, Selasa (7/7/2015)

Selain itu, yang membuat Menkeu takjub adalah, kemampuan orang Belanda membeli aset dengan menggunakan dana pensiun. Itu bisa diisyaratkan, dana pensiun mereka jumlahnya sangat besar. (Baca: Ini Kata Menkeu Soal Rencana Pensiun PNS Tak Lagi Bulanan)

"Salah satu yang mereka sampaikan ke saya langsung adalah mereka tertarik membeli infrastruktur yang sudah ada di Indonesia. Mereka mau beli proyek infrastruktur yang bagus, tapi yang sudah jalan dan sudah bagus prospeknya," kata Menkeu.

"Saya amaze, karena kemampuan mengumpulkan dana pensiun mereka yang sampai sebesar itu. Mereka bisa beli aset kayak jalan tol dan bisnis dalam skala besar," pungkasnya.

Baca juga:

BPJS Resmi Layani Jaminan Pensiun

Pensiun PNS Dibayar Sekaligus Tambah Angka Kemiskinan

Masyarakat Kirim Petisi Tolak Aturan BPJS JHT 10 Tahun
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5083 seconds (0.1#10.140)