Ekonomi Lesu, Omzet Usaha Kosmetik Ini Susut 25%

Sabtu, 18 Juli 2015 - 10:16 WIB
Ekonomi Lesu, Omzet Usaha Kosmetik Ini Susut 25%
Ekonomi Lesu, Omzet Usaha Kosmetik Ini Susut 25%
A A A
JAKARTA - Lesunya ekonomi Indonesia berimbas pada sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Begitu juga yang dialami UMKM kosmetik milik Sri Purwaningsih (43) asal Pekanbaru yang omzetnya menyusut hingga 25% dibanding tahun lalu.

Dia mengaku, omzet produknya dengan label Sri Tanjung menyusut karena pengaruh melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Puasa dan lebaran ini omzetnya mengalami penurunan sampai 25%. Hal ini disebabkan oleh perekonomian Indonesia secara keseluruhan mengalami penurunan di semua sektor, termasuk kosmetik," kata dia kepada Sindonews, belum lama ini.

Selain itu, Sri menambahkan, soal waktu lebaran yang berdekatan dengan tahun ajaran baru, sehingga dananya lebih diprioritaskan untuk anak sekolah dibanding membeli kosmetik, yang bersifat sekunder.

"Di samping itu, toko-toko juga menahan diri untuk meng-order dalam jumlah banyak karena mereka tak mau menumpuk stok saat toko akan libur panjang lebaran. Pelanggan-pelanggan salon mereka juga otomatis berkurang," tuturnya.

Imbas dari perekonomian Indonesia yang sedang lesu ini, Sri mengatakan, Sri Tanjung dalam waktu dekat belum akan mengeluarkan produk baru.

"Karena perekonomian Indonesia sedang lesu, jadi perhatiannya lebih dipusatkan pada bagaimana caranya agar Sri Tanjung tetap survive menghadapi keadaan tersebut," katanya.

Kendati demikian, dia tetap optimistis dapat mencapai target di tahun ini.

"Untuk kondisi perekonomian seperti sekarang tetap bersyukur dan optimis ya, bisa mencapai target seperti tahun lalu. Itu saja sudah bagus, mengingat berkurangnya daya beli masyarakat akibat menurunnya perekonomian Indonesia," tandas Sri.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5627 seconds (0.1#10.140)