Indocement Incar Ekspor ke Australia

Senin, 03 Agustus 2015 - 19:32 WIB
Indocement Incar Ekspor ke Australia
Indocement Incar Ekspor ke Australia
A A A
JAKARTA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) mengincar distribusi ekspor ke Australia sebagai pasar baru. Perseroan sedang menjajaki tender di Negeri Kanguru tersebut.

Direktur Keuangan Indocement Tju Lie Sukanto mengungkapkan, pihaknya tidak bisa melakukan ekspor ke tempat yang jauh. Ongkos angkut yang besar menjadi kendalanya.

"Kita sudah ekspor ke Singapura, Bangladesh, Srilanka, sebagian Malaysia dan khusus Tahiti sudah supply bertahun-tahun. Nama kita dikenal," ujarnya di Jakarta, Senin (3/8/2015).

Dia menjelaskan, sebenarnya pasar Australia sudah terbuka bebas sejak lama. Kendalanya, perseroan diimbau untuk memenuhi kuota permintaan di dalam negeri terlebih dahulu.

"Australia juga spesifikasinya tinggi terutama untuk beton. Tidak sembarang produk yang bisa masuk. Kita masih pikir produk jenis apa yang diekspor ke sana," jelas Tju.

Selain Indonesia, tambah dia, beberapa negara tercatat sudah masuk ke pasar semen Australia, seperti Bangladesh, Brunei Darussalam, Jepang dan China.

"Pasar ekspor yang ketat membuat harga (pricing) menjadi daya saing. Kita harganya bagus," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8950 seconds (0.1#10.140)