Kementerian PUPR Panitia Event Internasional soal Perkotaan

Rabu, 30 September 2015 - 23:29 WIB
Kementerian PUPR Panitia Event Internasional soal Perkotaan
Kementerian PUPR Panitia Event Internasional soal Perkotaan
A A A
JAKARTA - Indonesia akan menjadi tuan rumah tiga event internasional terkait perkotaan, yakni Asia Pacific Urban Forum Youth (APUFY) pada 17-18 Oktober 2015, Asia Pacific Urban Forum 6 (APUF 6) pada 19-21 Oktober 2015, dan pada 21-22 Oktober 2015 akan digelar Konferensi Tingkat Menteri atau High Level Regional Meeting (HLRM) yang akan dibuka Presiden Joko Widodo.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Rabu (30/9/2015), Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya sebagai panitia dalam acara tersebut.

Penyelenggaraan ketiga event tersebut merupakan pertemuan awal para pemangku kepentingan menjelang penyelenggaraan Habitat III yang akan dilaksanakan tahun depan di Quito, Ekuador.

Habitat III merupakan Konferensi Tingkat TInggi (KTT) global PBB setelah adopsi dari Agenda Pembangunan Pasca-2015. Habitat III akan menguatkan kembali kemitraan strategis para pemimpin dalam pembahasan agenda pembangunan kota berkelanjutan yang baru.

Indonesia yang terpilih sebagai anggota Biro Panitia Persiapan Habitat III, tahun ini akan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi wilayah Asia-Pasifik serta Panitia Persiapan Rapat (Preparation Committee Meeting) Habitat III pada Juli 2016 di Surabaya.

APUFY akan diselenggarakan pemerintah Indonesia berkolaborasi dengan badan PBB untuk Program Permukiman (UN-Habitat) dan didukung Asian Development Bank (ADB), serta berbagai mitra kerja lainnya, termasuk organisasi pemuda, kelompok masyarakat, dan juga lembaga ilmu pengetahuan.

Acara tersebut akan melibatkan 300 peserta dari Indonesia dan negara-negara Asia-Pasifik dengan jumlah perwakilan yang seimbang.

"Hasil pembahasan dalam forum tersebut diharapkan dapat memberikan rekomendasi sebagai masukan bagi pertemuan terkait agenda selanjutnya dalam rangka persiapan menuju Habitat III, di Ekuador," kata Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Dwityo A Soeranto.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6610 seconds (0.1#10.140)