Hipmi Dorong Pengusaha Muda Bangun Energi Listrik Terbarukan

Kamis, 01 Oktober 2015 - 23:38 WIB
Hipmi Dorong Pengusaha Muda Bangun Energi Listrik Terbarukan
Hipmi Dorong Pengusaha Muda Bangun Energi Listrik Terbarukan
A A A
JAKARTA - Pembangunan ekonomi nasional harus ditopang fundamental sumber energi listrik yang memadai. Mega proyek listrik 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah pada 2015-2019 menjadi pilar utama kebutuhan energi dalam negeri. Di mana 20% bauran sumbernya berasal dari energi terbarukan.

Pada 2015, penggunaan energi terbarukan baru mencapai 5% dari supply listrik Indonesia. Rasio elektrifikasi Indonesia baru mencapai 84,3%. Namun, di wilayah timur Indonesia masih banyak daerah yang memiliki rasio elektrifikasi di bawah 60%, seperti Papua 43,5% dan Nusa Tenggara Barat 58,7%.

Bagi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) hal ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagaimana meningkatkan kesiapan perusahaan lokal terlibat dalam pelaksanaan mega proyek listrik 35.000 MW, khususnya di bidang listrik energi terbarukan yang merupakan energi masa depan Indonesia.

“Diperlukan sosialisasi dan sharing mengenai sektor listrik energi terbarukan guna meningkatkan wawasan akan peluang dan risikonya bagi para pengusaha Indonesia. Diharapkan pengusaha muda terlibat aktif dalam percepatan pelaksanaan mega proyek 35.000 MW, yang sangat berguna bagi masa depan Indonesia,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Talkshow Mega Proyek 35.000 MW, Rhesa Yogaswara dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Kamis (1/10/2015).

Rhesa mengungkapkan, dalam mendukung program pemerintah meningkatkan rasio bauran energi terbarukan dari 5% menjadi 20%, Hipmi BPC Jakarta Pusat menggelar Jakarta Green Energy Initiatives-Talkshow Mega Proyek 35.000 MW, dengan tema "Peran Pengusaha Muda untuk Energi Bersih Indonesia" di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD, Jakarta, pada 30 September 2015.

Hadir dalam acara tersebut, Dirjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM Rida Mulyana; Senior Vice President Gas & Power of Pertamina Djohardi Angga Kusumah; Chief Project Officer Medco Power Indonesia Priandika Permana; Direktur Utama Siner Group Riza Suarga; Direktur Konstruksi dan Energi Baru Terbarukan PLN Nasri Sebayang; Chairman Blue Bird Group & Chairman MA Group Bayu Priawan Djokosoetono, dan Managing Director Garansindo Dani Yahya.

Pada kesempatan tersebut digelar pula penandatanganan kerja sama komitmen beberapa pihak dalam partisipasi secara aktif ke sektor Renewable Energy, yakni Hipmi BPC Jakarta Pusat dengan beberapa bank; project kerja sama pembangkit listrik hydro dari investor bersama dengan vendor teknologi dan pihak swasta yang akan menggunakan Renewable Energy.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6801 seconds (0.1#10.140)