Menkop UKM Klaim Sektor UKM Tak Lakukan PHK

Rabu, 07 Oktober 2015 - 11:38 WIB
Menkop UKM Klaim Sektor UKM Tak Lakukan PHK
Menkop UKM Klaim Sektor UKM Tak Lakukan PHK
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) AAG Puspayoga mengklaim sektor UKM tidak mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah banyaknya perusahaan yang melakukan PHK, lantaran melemahnya ekonomi Tanah Air.

Menurutnya, UKM Indonesia saat ini malah sedang tumbuh baik di tengah perlambatan ekonomi yang melanda dalam negeri terutama yang menggunakan bahan baku lokal.

"‎Kalau UKM terutama yang bahan bakunya lokal enggak ada masalah. Termasuk yang bahan bakunya impor, seperti tahu, kan mereka memperkecil produksi tahunya tapi tidak menaikkan harga ya," katanya di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Puspayoga mengatakan, saat ini malah tenaga kerja UKM mengalami kenaikan di tengah pelemahan ekonomi global yang terjadi. Namun, Menteri asal Bali ini tidak menyebutkan berapa angka kenaikannya. "Ya sekarang malah naik tenaga kerjanya.‎ Saya lupa tapi sampai berapanya," kata dia.

Pihaknya berharap, industri UKM bisa terus tumbuh tiap tahunnya, mengingat perbankan juga sudah memberikan relaksasi terhadap masyarakat untuk mengajukan kredit usaha rakyat (KUR).

"Itu sekarang ada relaksasi dan kelonggaran dari bank BUMN, jadi 20 juta sudah bisa ajukan KUR, terus sasarannya juga kita permudah. Misalnya istri dari karyawan berpenghasilan tetap, itu bisa mengajukan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5857 seconds (0.1#10.140)