Standard Chartered Pangkas 1.000 Staf Senior

Senin, 12 Oktober 2015 - 15:02 WIB
Standard Chartered Pangkas 1.000 Staf Senior
Standard Chartered Pangkas 1.000 Staf Senior
A A A
LONDON - Standard Chartered Plc menyatakan telah memangkas sekitar 1.000 staf senior. Ini merespon tekanan dari investor untuk merampingkan bisnis dan mengurangi jumlah tenaga kerjanya.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) dilakukan setelah bank-bank Eropa bergulat dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi di kawasan Eropa, ditambah dengan ketatnya regulasi dan persyaratan modal.

Sentimen itu dikombinasikan dengan faktor lainnya, termasuk ketidakpastian pertumbuhan ekonomi di China, prospek kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) dan anjloknya harga komoditas global, sehingga makin menekan keuntungan bank-bank Eropa.

Sementara bank-bank AS, banyak yang mengalami pertumbuhan, juga agresif menargetkan dan memenangkan bisnis dari saingannya di Eropa. Standard Chartered, yang fokus di Asia menyatakan dalam sebuah memo internal bahwa sekitar seperempat dari 4.000 manajer senior akan terkena PHK pada akhir November.

"Kami telah bertindak untuk mengurangi lapisan manajemen, dan [sebagai] hasilnya akan memiliki staf senior hingga 25% lebih sedikit," kata bank dalam sebuah pernyataannya, seperti dilansir dari The Wall Street Journal, Senin (12/10/2015).

Staf di level managing direktur ke atas diperkirakan juga akan terimbas PHK. Adapun saham bank telah naik 4,7% karena berita pemangkasan manajemen.

Dalam dekade terakhir, Standard Chartered tumbuh secara agresif, dengan jumlah staf mencapai 86.000 di seluruh dunia. Sekarang, bank terpaksa harus memikirkan kembali model bisnis untuk meningkatkan keuntungan di tengah prospek suramnya ekonomi global dan ketatnya regulasi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5433 seconds (0.1#10.140)