Pengusaha Harus Punya Tolak Ukur Perbaikan SDM

Sabtu, 24 Oktober 2015 - 23:09 WIB
Pengusaha Harus Punya Tolak Ukur Perbaikan SDM
Pengusaha Harus Punya Tolak Ukur Perbaikan SDM
A A A
JAKARTA - Chief of Human Capital Management System Dunamis Human Capital Muhammad Hamdani mengungkapkan, perusahaan di Indonesia sedianya perlu menetapkan tolak ukur dan arah perbaikan dalam aspek sumber daya manusia (SDM) atau human capital, guna mendukung perkembangan bisnisnya.

Dia mengatakan, tolak ukur tersebut dapat diperoleh dengan adanya survei mengenai organisasi dan pengelolaan human capital.

"Kita memandang penting untuk melakukan studi ini secara rutin setiap tahunnya dan mengajak organisasi lain ikut sebagai peserta. Bertujuan agar para praktisi human capital di Indonesia dapat terus update dengan tren yang terjadi," ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Sehingga, lanjut dia, memudahkan para pemilik perusahaan (CEO) dalam mengambil keputusan atas usulan pengembangan SDM dalam lingkup perusahaan.

Menurutnya, melalui studi Indonesia Human Capital Studi (IHCS) tersebut akan dapat diketahui sejauh mana perusahaan telah memenuhi ekspektasi dari para karyawannya.

"Penerapan human capital system di organisasi memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dan proses transformasi. Hal ini juga penting karena penerapannya menjadi modal menghadapi tantangan bisnis sekarang ini," jelas dia.

Selain itu, penerapan tolak ukur SDM yang baik, berkaitan erat dengan meningkatkan kinerja karyawan serta perusahaan di waktu mendatang. Terurama, memperkuat kesiapan dalam menghadapi berbagai macam tantangan bisnis.

"Melalui pengelolaan human capital yang efektif maka para praktisi human capital bisa memantapkan posisi strategis sebagai business partner," pungkasnya. (lly)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5117 seconds (0.1#10.140)