HT: Masyarakat Ekonomi Lemah Perlu Program Khusus

Kamis, 05 November 2015 - 11:18 WIB
HT: Masyarakat Ekonomi Lemah Perlu Program Khusus
HT: Masyarakat Ekonomi Lemah Perlu Program Khusus
A A A
BOGOR - Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, pemerintah perlu membuat progam khusus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan ekonomi lemah atau menengah ke bawah.

Saat ini progam pemerintah yang dicanangkan lebih terfokus pada kalangan masyarakat menengah ke atas.

"Masyarakat ekonomi lemah juga memerlukan progam-progam khusus, mengawal mereka dari awal sampai akhir, bukan hanya membantu memberikan santunan karena tidak bisa membuat mereka produktif," kata HT dalam acara temu kader Partai Perindo Bogor di Hotel Grand Orri, Citeureup, Jawa Barat, Rabu, 4 November 2015.

HT mencontohkan permasalahan di sektor pertanian, yakni salah satu faktor utama masalah para petani adalah ketersedian lahan. Jalan keluarnya, dengan banyaknya tanah negara, bisa diberikan sebagian ke para petani namun tidak gratis para petani bisa mencicil dari hasil pertaniannya.

Permasalahan kedua yakni ketersedian dana, para petani perlu diberi perhatian untuk mendapatkan akses dana murah yang cepat dan tidak ribet. Selanjutnya, memberikan perlindungan kepada para petani agar bisa mapan dan mandiri serta siap bersaing.

Karena itu, pemerintah harus memiliki progam khusus dan tidak bersifat sementara untuk kalangan ekonomi lemah. Sehingga, dalam konteks kepentingan nasional dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia karena banyaknya pengerak ekonomi yang berpartisipasi.

"Negara juga yang diuntungkan, masyarakat menengah ke atas juga akan semakin banyak," tandas HT.

(Teddy Febrianto)


Baca Juga: Pemerintah Harus Proteksi Masyarakat dari Pasar Bebas
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0469 seconds (0.1#10.140)