Penjualan Retail AS Oktober di Bawah Ekspektasi

Sabtu, 14 November 2015 - 11:45 WIB
Penjualan Retail AS Oktober di Bawah Ekspektasi
Penjualan Retail AS Oktober di Bawah Ekspektasi
A A A
WASHINGTON - Penjualan retail Amerika Serikat (AS) naik di bawah yang diekspektasikan pada Oktober, di tengah penurunan mengejutkan pada penjualan mobil. Ini menunjukkan perlambatan belanja konsumen, yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi kuartal IV moderat.

Data lain pada Jumat waktu setempat menunjukkan penurunan bulanan kedua berturut-turut pada harga produsen akibat biaya jasa turun. Namun, ekonom mengatakan, inflasi melemah dan tanda-tanda perlambatan belanja konsumen tidak mungkin mencegah Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada bulan depan.

"Laporan yang lemah akan memberikan beberapa alasan bagi The Fed untuk berhati-hati, sementara mereka tidak mungkin untuk mengubah rencana menaikkan suku bunga pada Desember, mereka bisa meningkatkan pengetatan setelah itu," kata Wakil Kepala Ekonom di TD Securities Millan Mulraine, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (14/11/2015).

Departemen Perdagangan AS menyatakan penjualan retail naik 0,1% bulan lalu setelah tidak berubah pada September dan Agustus. Sementara para ekonom telah memperkirakan penjualan meningkat 0,3%.

Penjualan di dealer mobil turun 0,5% bulan lalu setelah naik 1,4% pada September. Penurunan ini mengejutkan mengingat bahwa laporan penjualan mobil yang kuat pada Oktober. Para ekonom mengatakan, potongan harga yang tinggi untuk menarik pembeli cenderung tak banyak mempengaruhi.

Penurunan 0,9% penjualan pada layanan stasiun, yang mencerminkan harga bensin yang lebih rendah, juga menahan penjualan retail bulan lalu.

Penjualan retail termasuk mobil, bensin, bahan bangunan dan jasa makanan naik 0,2% setelah naik 0,1% pada September. Ini merupakan penjualan retail inti, yang paling dekat dengan komponen belanja konsumen dari produk domestik bruto.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0577 seconds (0.1#10.140)