Masuki Pasar Ekspor, UKM Ditantang Tingkatkan Kualitas Produk

Senin, 16 November 2015 - 22:36 WIB
Masuki Pasar Ekspor, UKM Ditantang Tingkatkan Kualitas Produk
Masuki Pasar Ekspor, UKM Ditantang Tingkatkan Kualitas Produk
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) AAGN Puspayoga mengatakan, skema penjaminan (skim) atau (guarantee) UKM difasilitasi pemerintah melalui Jamkrindo agar memberikan rangsangan bagi pelaku UKM memasuki pasar ekspor.

"Salah satu kendala UKM terkait pendanaan sudah teratasi dengan penjaminan. Saat ini, tinggal cara UKM bisa meningkatkan kualitas produk agar bisa bersaing di pasar ekspor," ujar Puspayoga di Nusa Dua Bali, Senin (16/11/2015).

Adanya penjaminan tersebut, dia mengatakan, membuat UKM bisa memiliki banyak akses ke sektor pembiayaaan termasuk perbankan. Selain menjadi rangsangan bagi UKM, juga memperkaya produk dari sisi kualitas dan pengemasan.

“Diharapkan kualitas produk UKM Indonesia bisa bersaing, terlebih sebentar lagi Indonesia memasuki era pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ” katanya.

Untuk mempermudah pelaksanan skim penjaminan dibutuhkan UKM rating yang bisa dipercaya. Karena itu, pihaknya sudah menyiapkan dan bekerja sama dengan instansi terkait dalam menyusun UKM rating.

"Kemenkop UKM akan bekerja sama dengan Asippindo selaku asosiasi perusahaan penjaminan dan OJK selaku otoritas jasa keuangan untuk memantapkan masalah UKM rating ini," katanya.

Selain itu, Kemenkop dan UKM telah memiliki data base menyangkut jumlah UKM by name by adresss, di mana ada sekitar 43 juta UKM.
(rna)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1400 seconds (10.177#12.26)