CPOPC Didirikan untuk Kerja Sama Industri Minyak Sawit Dunia

Minggu, 22 November 2015 - 15:29 WIB
CPOPC Didirikan untuk Kerja Sama Industri Minyak Sawit Dunia
CPOPC Didirikan untuk Kerja Sama Industri Minyak Sawit Dunia
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia, Rizal Ramli, dan Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas Malaysia, Datuk Amar Douglas Uggah Embas, menandatangani Piagam Pendirian Dewan Negara-Negara Penghasil Minyak Sawit (The Council of Palm Oil Producing Countries – CPOPC) di Kuala Lumpur (21/11)

Acara penandatanganan disaksikan Presiden Joko Widododan dan Perdana Menteri Malaysia, Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak.

"CPOPC juga merupakan bagian dari upaya strategis jangka panjang kami untuk meminimalkan risiko bahaya lingkungan seperti kebakaran hutan yaitu, kabut, dan deforestasi. Kami berkomitmen untuk menemukan solusi untuk masalah lingkungan," ujar Rizal Ramli dalam keterangan tertulisnya Minggu (22/11/2015).

CPOPC didirikan dengan tujuan untuk mendorong, mengembangkan dan meningkatkan kerjasama industri minyak sawit di antara negara-negara anggotanya. Hal ini akan semakin memastikan bahwa industri minyak sawit berkontribusi terhadap pengembangan perekonomian dan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Indonesia dan Malaysia merupakan Anggota Pendiri dari CPOPC. Keanggotaan CPOPC akan dibuka untuk seluruh negara-negara pembudidaya kelapa sawit lainnya, antara lain Brazil, Colombia, Thailand, Ghana, Liberia, Nigeria, Papua New Guinea, Filipina, dan Uganda.

Dalam rangka mendukung operasionalisasi awal dari CPOPC, Indonesia dan Malaysia masing-masing akan berkontribusi sejumlah USD 5 Juta. Sekretariat CPOPC akan berada di Jakarta, Indonesia.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3933 seconds (0.1#10.140)