Harga Karet Anjlok, Tiga Negara Bentuk Pasar Regional

Kamis, 03 Desember 2015 - 19:09 WIB
Harga Karet Anjlok, Tiga Negara Bentuk Pasar Regional
Harga Karet Anjlok, Tiga Negara Bentuk Pasar Regional
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Thailand dan Malaysia sepakat membentuk bursa pasar karet regional. Hal ini disepakati dalam pertemuan tingkat menteri International Tripartite Rubber Council (ITRC) 2015.

Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong menjelaskan harga karet yang tidak tidak kondusif dalam beberapa tahun terakhir, menjadi tantangan tersendiri buat Indonesia dan dua negara lainnya. Karena alasan itu, Ia menambahkan pembentukan bursa pasar karet regional menjadi sangat penting untuk mengawasi harga karet agar tidak jatuh terlalu dalam.

"Mudah-mudahan inisiatif ini bisa membentuk pasar karet yang targetnya masuk ke bursa karet bersama pada Juni 2016 atau kalau bisa sebelumnya," katanya dalam konferensi pers ITRC Ministerial Committee Meeting 2015 di Jakarta, Kamis (3/12/2015).

‎Sementara itu Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Kemendag, Bachrul Chairi menuturkan pembentukan pasar karet regional ini akan melalui dua tahap. Tahap pertama, mulai 1 Januari 2015 akan dibuat publikasi harga pasar karet regional oleh tiga negara ini. "‎Dikumpulkan dan diinformasikan secara rutin. Sementara itu kita siapkan platform elektroniknya," imbuh dia.

(Baca Juga: Menperin Dorong Industri Ban Ekspansi ke Hulu)

Diperkirakan, pada Juni 2016 seluruh informasi perdagangan karet di tiga negara ini akan memiliki platform yang sama. Hal ini bertujuan untuk menyamakan standar dan kualitas karet di tiga negara ini.

"Ini merupakan cikal bakal platform kita untuk seterusnya membuat future market karet di tiga negara tersebut. Dengan adanya platform yang Juni dilaksanakan, dari situlah mulainya," pungkasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Menteri Pertanian dan Koperasi Thailand Chatchai Sarikulya, serta Menteri Perkebunan dan Komoditas Malaysia, Datuk Amar Douglas Uggah Embas
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7235 seconds (0.1#10.140)