ESDM Dorong Ekonomi Maritim dengan Energi Bersih di Aceh

Senin, 07 Desember 2015 - 11:42 WIB
ESDM Dorong Ekonomi...
ESDM Dorong Ekonomi Maritim dengan Energi Bersih di Aceh
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengembangkan model pembangunan infrastruktur energi dan listrik untuk cluster ekonomi maritim di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh. Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM F. X. Sutijastoto menerangkan Aceh akan menjadi percontohan ekonomi maritim berdasarkan energi bersih.

“Kami melaksanakan pembangunan yang akan berdampak bagi kepentingan masyarakat. Pembangunan tersebut di antaranya pembangunan jaringan listrik di kawasan Pelabuhan Lampulo, termasuk penerangan dengan lampu surya. Serta insya allah akan ada pembangungan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) untuk Lampulo," jelasnya seperti dilansir situs resmi ESDM, Senin (7/12/2015).

Ia juga menambahkan bahwa Kementerian ESDM mengembangkan model pembangunan infrastruktur energi dan listrik untuk cluster ekonomi maritim yang sementara ini telah dibangun proyek percontohan di beberapa wilayah barat, tengah dan timur Indonesia dan salah satunya adalah Aceh Jaya.

“Jadi dengan proyek percontohan ini diharapkan dapat dikembangkan di wilayah-wilayah lain, terutama di wilayah pesisir juga pulau-pulau kecil dan pulau-pulau terdepan”, papar Sutijastoto.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan bahwa Kementerian mendukung pembangunan techno park di Provinsi Aceh yang akan menjadi contoh pengembangan ekonomi maritim yang didukung energi bersih.

“Selain itu kita juga akan mendukung pembangunan techno park di wilayah Aceh yang merupakan kerja sama dengan Kemenko Maritim dan Kemenristek. InsyaAllah nanti 2016 techno park ini bisa terbangun dan menjadi percontohan bagaimana ekonomi maritim didukung oleh energi bersih, yaitu tenaga surya dan tenaga angin”, ujarnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)