Empat Cara Memangkas Ketimpangan Sosial versi Bank Dunia

Rabu, 09 Desember 2015 - 08:48 WIB
Empat Cara Memangkas Ketimpangan Sosial versi Bank Dunia
Empat Cara Memangkas Ketimpangan Sosial versi Bank Dunia
A A A
JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) merekomendasikan empat cara menghidari tingginya ketimpangan sosial di Indonesia. Mereka mengingatkan Indonesia agar dalam mencapai target gini rasio sebesar 0,36% pada 2019 meniru kesuksesan dari Brasil.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A Chaves menerangkan, langkah pertama dalam memangkas ketimpangan adalah memperbaiki pelayanan publik di daerah.

"Karena (ini) kunci utama agar generasi berikutnya mendapatkan awal yang lebih baik, sehingga dapat memperbaiki peluang kesehatan, pendidikan, dan keluarga berencana bagi semua orang," kata Chaves di Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Kedua, menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih baik dan peluang melatih keterampilan bagi tenaga kerja. Ketiga, memastikan perlindungan sosial. Keempat, kebijakan fiskal yang berfokus pada peningkatan belanja pemerintah di bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, bantuan sosial dan jaminan sosial.

"Selain itu, Indonesia juga harus merancang sistem perpajakan yang lebih adil dengan memperbaiki sejumlah peraturan perpajakan yang saat ini mendukung terpusatnya kekayaan di tangan segelintir orang‎," tandas Chaves.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1988 seconds (0.1#10.140)