Tingkatkan Ekonomi Syariah, BI Gandeng Islamic Development Bank

Jum'at, 11 Desember 2015 - 20:23 WIB
Tingkatkan Ekonomi Syariah, BI Gandeng Islamic Development Bank
Tingkatkan Ekonomi Syariah, BI Gandeng Islamic Development Bank
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) bersama the Islamic Development Bank (IDB) sepakat menjalin kerjasama untuk terus meningkatkan peran ekonomi dan keuangan syariah dalam pembangunan di Indonesia.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengembangan kemampuan (capacity building) dan penguatan tata kelola sektor keuangan sosial (social finance), yang tidak saja mencakup penguatan peranan Zakat, melainkan juga menjangkau sektor Wakaf.

Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo mengatakan peningkatan kapasitas sektor Zakat dan Wakaf diharapkan dapat memberi daya dorong terhadap sistem keuangan syariah dalam menyediakan sumber dana yang dapat menjangkau masyarakat luas, termasuk masyarakat yang berpenghasilan rendah.

"Zakat diharapkan dapat menjadi lokomotif ekonomi Indonesia untuk mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan efektivitas pengentasan kemiskinan," katanya di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Menurutnya, peningkatan kualitas tata kelola pada sektor Zakat dan Wakaf ini kemudian akan memperkuat inisiatif penyusunan Prinsip-Prinsip Utama (Core Principles) untuk Zakat dan Wakaf yang tengah berjalan. Selain itu, inisiatif penyusunan dasar tata kelola Zakat dan Waqaf juga telah dijalankan BI yang bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Dia mengungkapkan langkah tersebut juga didukung dan diikuti oleh beberapa negara dan beberapa lembaga internasional seperti the World Bank, IDB dan PBB. "Dengan adanya standar internasional ini diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Zakat dan Wakaf akan meningkat," tukasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5608 seconds (0.1#10.140)