Australia Punya Teknologi, RI Punya Tenaga Kerja

Senin, 04 Januari 2016 - 23:22 WIB
Australia Punya Teknologi, RI Punya Tenaga Kerja
Australia Punya Teknologi, RI Punya Tenaga Kerja
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan, pemerintah bekerja sama dengan Australia terkait free trade agreement. Hal ini mencakup sektor peternakan dan agrilkultur.

"Sama Australia, itu jalin kerja sama di ternak sapi, agrilkultur. Mereka punya teknologi, kita punya tenaga kerja dan upah kompetitif," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta (4/1/2016).

Dia mengatakan, selain kerja sama dengan Australia, di sektor lain pihaknya juga menyiapkan pendekatan terpadu antar sektor, seperti pariwisata, industri, dan perdagangan.

"Kita ngomong hubungan ekonomi bukan hanya perdagangan karena ada beberapa dimensi antar beberapa negara. Saya tidak mau mendahului buka datanya, harus tanya Menko Perekonomian dan Menkominfo," terangnya.

Di sisi lain, lanjut Lembong, perhiasan jadi salah satu primadona ekspor Indonesia. Sektor padat karya seperti aksesoris menjadi andalan Indonesia dalam melakukan ekspor. Selain itu mebel.

"Jadi sekarang primadona yang padat karya, seperti perhiasan, aksesoris. Menurut saya, yang besar perkayuan seperti mebel, andalan selanjutnya, yaitu produk makanan dan minuman (mamin)," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8568 seconds (0.1#10.140)