Rumah Susun Solusi Ringankan Ongkos Transportasi

Sabtu, 13 Februari 2016 - 22:10 WIB
Rumah Susun Solusi Ringankan Ongkos Transportasi
Rumah Susun Solusi Ringankan Ongkos Transportasi
A A A
JAKARTA - Keberadaan rumah susun (rusun) saat ini diyakini Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) dapat menjadi solusi meringankan ongkos transportasi karena bisa dibangun di sekitar kawasan komersial tanpa perlu lahan besar. Sehingga, masyarakat tidak harus membeli rumah dengan lokasi jauh dari tempat kerja.

JK mengatakan, jika ada pedagang kecil membeli rumah jauh dari tempatnya mereka akan habis uangnya untuk ongkos transportasi. Ekonomi negara diyakininya juga bisa lebih efisien bila rusun banyak dibangun.

"Kalau dia pedagang kecil rumahnya jauh akan habis dia punya uang untuk bayar transpor. Sehingga, satu-satunya solusi adalah rumah susun. Kita harus berpikir seperti itu agar ekonomi negara lebih efisien," ujarnya di Jakarta, Sabtu (13/2/2016).

Baca juga:
Pengantin Baru Bisa Cicil Rumah Rp800 Ribu/Bulan di Sini
Lahan Terbatas, Tren Hunian Berubah ke Rumah Susun

Menurutnya, para pekerja yang memiliki pendapatan minim akan memilih tinggal dekat dengan tempat bekerja. Sementara golongan menengah atas santai saja membeli rumah jauh dari tempat kerja karena ada kendaraan pribadi.

"Makin kecil pendapatan orang, dia semakin dekat dengan tempat kerjanya. Kalau orang kaya boleh punya rumah jauh karena dia punya mobil, punya akses," katanya.

Sejak lama, lanjut JK, dirinya mau memperingatkan para pengembang supaya bisa lebih banyak membangun hunian vertikal. Sebab, jika kebanyakan rumah tapak akan memakan lahan hijau sehingga tidak baik bagi lingkungan.

"Sejak dulu saya ingin peringatkan para pengembang agar menjalankan dengan baik. Kalau di kota besar berpikir landed house maka tidak ada lagi lahan hijau," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5481 seconds (0.1#10.140)