Realisasi Laku Pandai 2015 Tembus Rp67,5 Miliar

Selasa, 22 Maret 2016 - 10:34 WIB
Realisasi Laku Pandai 2015 Tembus Rp67,5 Miliar
Realisasi Laku Pandai 2015 Tembus Rp67,5 Miliar
A A A
JAKARTA - Kepala Departemen Pengawasan Bank 3 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Teguh Supangkat mengatakan, refleksi pencapaian Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai), secara umum sudah menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia. Berdasarkan saldo basic saving account (BSA) jumlah yang tercatat mencapai Rp67,5 miliar.

Hal tersebut dihasilkan dari bank buku 3 dan 4 sebanyak enam bank yang merealisasikan laku pandai, dengan jumlah agen 60.804, dan jumlah nasabah BSA sebanyak 1.216.952.

"Jumlah tersebut termasuk dari bank buku 2 yang sampai saat ini baru ada satu bank yang merealisasikan dengan jumlah agennya yakni tiga agen. Mereka belum memiliki nasabah dan belum menghasilkan saldo BSA. Jadi tahun depan akan kita galakkan lagi," kata Teguh di Bumbu Desa, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Menurutnya, angka ini masih akan terus dikembangkan hingga tahun ini dan tahun-tahun berikutnya dengan mengembangkan Laku Pandai hingga ke daerah-daerah ‎melalui prinsip financial inclusion.

"Kita ingin layanan perbankan bisa mencapai lapisan masyarakat di daerah. Akses terhadap layanan keuangan bisa dijangkau di daerah. Kita dari OJK juga komitmen menciptkan keuangan inklusif hingga ke desa-desa," kata dia.

Tentunya, lanjut Teguh, untuk mencapai peningkatan Laku Pandai dari tahun ke tahun, perlu adanya infrastruktur memadai. Salah satunya dengan mengembangkan dan memaksimalkan perangkat dan sistem informasi yang memadai.

"Untuk bisa suatu bank melaksanakan laku pandai, memang perlu infrastruktur yang memadai, salah satunya sistem informasi yang memadai, seperti software, hardware, ini minimal harus dipenuhi untuk menunjang kegiatan laku pandai," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6081 seconds (0.1#10.140)