Bunga Kredit Perbankan Turun Perlahan Ikuti BI Rate

Jum'at, 22 April 2016 - 21:15 WIB
Bunga Kredit Perbankan Turun Perlahan Ikuti BI Rate
Bunga Kredit Perbankan Turun Perlahan Ikuti BI Rate
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus DW Martowardojo melihat pihak perbankan masih berada pada masa transisi terhadap penurunan suku bunga acuan (BI Rate) yang sejak awal tahun tercatat turun hingga 75 basist point (BPS). Mneurutnya penurunan bunga kredit perbankan masih kecil, sedangkan BI rate dan Giro Wajib Minimum (GWM) sudah turun cukup tajam.

"Perbankan kita lihat masih menyesuaikan. Sebetulnya, kalau dilihat penyesuaian kredit, suku bunga kredit kan sudah ada 13 bps. Tapi kalau dana pihak ketiga sudah ada 37 bps, tentu ini adalah satu transisi yang sedang dijalankan oleh perbankan," jelad dia di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Namun, lanjut dia jika nanti BI sudah efektif merubah BI rate menjadi BI 7-days Reverse Repo Rate, pihaknya yakin transmisi dari kebijakan yang diambil akan lebih efektif. "Itu akan lebih cepat sampai ke pasar. Ini fokus BI selama beberapa bulan ke depan," tandasnya.

Sebagai informasi BI mempertahankan suku bunga acuan atau BI rate pada April 2016 di level 6,75% dari bulan sebelumnya. Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan April ini juga menetapkan lending facility tetap bertahan di level 7,25% dan suku bunga deposit facility sebesar 4,75%.

BI rate tersebut setara dengan suku bunga operasi moneter 12 bulan. Sementara untuk suku bunga BI 7 days Revers Repurchase Agreement (Repo) yang menjadi acuan baru BI berada pada level 5,5%.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9473 seconds (0.1#10.140)