Pilot Mogok dan Delay Indikasi Lion Air Tak Bisa Kelola Keuangan

Selasa, 10 Mei 2016 - 20:07 WIB
Pilot Mogok dan Delay Indikasi Lion Air Tak Bisa Kelola Keuangan
Pilot Mogok dan Delay Indikasi Lion Air Tak Bisa Kelola Keuangan
A A A
JAKARTA - Aksi mogok pilot Lion Air karena telatnya uang transport menurut pengamat penerbangan Arista Atmadjati menjadi bukti manajemen keuangan Lion Air Group tidak dikelola dengan baik. Meski begitu CEO Arista Indonesia Aviation Center (AIAC) itu menerangkan industri penerbangan sedang dalam kondisi baik seiring penurunan harga avtur sehingga seharusnya cost perusahaaan bisa ditekan.

"Mereka tidak bisa mengelola dengan baik. Padahal kondisi makro di sektor penerbangan dalam situasi kondusif. Biaya terbesar penerbangan hampir 35% itu dari bahan bakar. Dan sekarang avtur sedang turun, jadi setidaknya keuangan maskapai tidak terlalu kolaps," ucap dia kepada Sindonews, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

(Baca Juga: Kemenhub Sebut Lion Air Langganan Delay)

Dia menambahkan ini kali kedua, karyawan Lion Air bermasalah soal kesejahteraan dimana dua tahun lalu sempat terjadi hal yang serupa. Dicurigai olehnya ini karena manajemen keuangan perusahaan tersebut yang tidak bisa transparan.

"Ini pernah terjadi 2 tahun lalu dan persoalannya sama seperti ini kalau tidak salah. Mirip lah soal kesejahteraan. Inilah yang terjadi jika prusahaan yang Low Cost Carrier (LCC) manajemennya kurang transparan. Dulu malah lebih parah delaynya," sambung dia

(Baca Juga: Lion Air Tak Beri Jaminan Tidak Ulangi Delay)

Lanjut dia dijelaskan dengan harga avtur yang turun, setidaknya cost tidak terlalu menggerogoti untuk bahan bakar, sehingga bisa diperuntukkan untuk kesejahteraan pilot atau untuk yang lain. "Saya tidak tahu gangguan mereka sebesar apa, tapi kalau sampai membuat delay penumpang. Ya itu jelas merugikan publik," pungkasnya.

(Baca Juga: Bantah Pilot Mogok, Lion Air Beralasan Awak Sakit)
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7871 seconds (0.1#10.140)